kegiatan putsal

Salah satu kegiatan rutin di pondok pesantren Khoiro Ummah adalah putsal bersama.

Alhamdulillah dengan putsal banyak manfaat yang di dapat :

1. Mengencangkan otot-otot
Siapa yang nggak suka memiliki tubuh dengan otot yang kuat? Futsal dengan lapangan yang lebih kecil dan dinamika permainan yang lebih cepat menuntut tubuh untuk lebih tangkas, fleksibel, dan fokus! Semakin bugar! Mantab….

2. Melancarkan peredaran darah
Futsal bisa dibilang masuk dalam kategori olahraga berat. Jantung dapat terpacu untuk lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh selama beraktivitas. Akibatnya, peredaran darah semakin lancar. Metabolisme pun ikut terpicu untuk lebih cepat bergerak. Alhasil, imun tubuh jadi makin kuat!

3. Meningkatkan hormon endorfin

Pasti pernah dengar, dong istilah hormon endorfin? Hormon yang disebut-sebut sebagai hormon kebahagiaan ini dapat muncul ketika kita berolahraga. Semakin semangat dan tangkas kamu bermain, semakin terpicu produksinya. Bukan hanya rasa senang dan puas yang tinggi, tapi juga:

4. Meningkatkan percaya diri
Banyak yang sering ciut kalau berhadapan dengan lawan. Nggak selalu musuh loh, lawan juga bisa berarti lawan bicara. Nggak sedikit, tuh, yang gugup ketika diajak berbicara. Apalagi dengan lawan jenis!

Nah, kalau biasa main futsal apalagi jago gocek sana-sini, pasti rasa percaya dirinya meningkat. Kemampuan kita untuk melakukan sesuatu yang membuat kita senang dengan benar dapat dengan mudah meningkatkan kepercayaan diri.

5. Membiasakan diri berpikir kritis, cepat, dan kreatif
Futsal merupakan salah satu olahraga yang dituntut untuk tidak hanya berpikir keras, namun juga dalam waktu yang singkat. Kalau nggak bisa berpikir kritis, cepat, dan kreatif, bisa-bisa lawan merebut bola yang di depan mata!

Bermain futsal dituntut untuk selalu memprediksi langkah lawan dan kawan dalam beberapa detik ke depan, agar manuver lancar dari ujung ke ujung. Namun, itu hanya bisa terjadi jika ada:

6. Kerjasama tim yang kuat
Kemampuan bekerja dalam tim itu nggak didapatkan dengan cuma-cuma! Seperti dalam permainan futsal, kita harus tahu kelebihan dan kelemahan kita yang bisa berguna bagi tim.

Futsal menuntut kamu untuk paham cara berpikir dan cara bergerak teman-temanmu. Begitu juga sebaliknya. Ini membuat kamu menjadi pribadi yang lebih erat hubungannya dengan rekan regumu.

7. Memperluas dan mempererat jaring-jaring pertemanan
Nggak tahu kenapa, futsal itu terkenal membangun nggak hanya kerjasama namun juga kedekatan dan solidaritas pemainnya. Bukan hanya antar anggota tim. Namun, juga dengan siapapun kita bermain. Terlebih lagi lawan!

Setelah bermain, nggak jarang para 14 pemain duduk sederet dan mulai percakapan. Dari sana, ketemu tim kawan untuk sparring di kala waktu senggang. Terbentuk deh pertemanan dari futsal!

Tanpa disadari, main futsal itu bermanfaat banget. Bukan cuma bikin jasmani kuat, ternyata jiwa kita juga jadi bahagia. Bukan cuma untuk diri pribadi, namun untuk banyak orang!

Selamat berolahraga…
Allahu Akbar !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here